MetaNesia, Platform Metaverse Pertama di Indonesia

Pertemuan antara realitas virtual dan kehidupan nyata sekarang telah merambah ke sektor lain di luar game, seperti bisnis dan pendidikan. Selain itu, perkembangan teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) sudah menghadirkan metaverse Indonesia yang dipercaya bisa menjadi peluang ekonomi baru serta muncul beberapa platform metaverse Indonesia.

Istilah metaverse sendiri sekarang ini sering digunakan di Indonesia. Apalagi Facebook sebagai salah satu raksasa teknologi ikut ambil alih mengubah namanya menjadi Meta. Tidak heran jika banyak orang tertarik dengan metaverse ini.

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, Metaverse merupakan dunia digital tempat penggunanya bisa melakukan berbagai macam aktivitas secara virtual. Mulai dari bermain game, bergabung dengan komunitas, menonton film, transaksi jual beli, dan masih banyak lagi.

Walaupun begitu, masih banyak pihak yang menganggap teknologi metaverse hanya bisa digunakan oleh kalangan tertentu saja, terutama di Indonesia. Alasannya karena teknologi ini membutuhkan perangkat khusus untuk beroperasi.

MetaNesia, Platform Metaverse Indonesia

MetaNesia ialah dunia metaverse yang bisa menciptakan interaksi virtual dan pengalaman baru bagi UMKM, terutama dalam hal memperkenalkan produk mereka ke dunia digital. Platform metaverse dari Telkom Indonesia ini diciptakan untuk mendukung digitalisasi dan mendorong langkah Indonesia masuk ke dalam dunia metaverse.

Bukan hanya itu, metaNesia juga bisa mendukung UMKM lokal serta memajukan perekonomian bangsa. Terlebih, jika melihat teknologi dan infrastruktur yang dimiliki oleh telkom, platform ini dipercaya bisa memberikan manfaat bagi banyak pihak.

metaNesia menawarkan beberapa konsep, salah satunya ialah konser virtual yang sempat diadakan dengan bintang tamu Vidi Aldiano dan juga Pusakata. Di dalam dunia virtual ini, para pengunjung dapat mengikuti acara maupun konser persis seperti di dunia nyata.

Lalu metaNesia juga membangun plaza tempat pengunjung membeli berbagai macam merchandise dan souvenir yang dijual secara khusus oleh UMKM.  Bukan hanya itu, metaNesia juga menawarkan kelebihan berupa akses yang mudah dilakukan lewat gadget atau komputer.

Selama ini Anda mungkin menganggap bahwa metaverse hanya bisa diakses dengan VR Headset dan alat lainnya. Namun, platform metaverse Indonesia yang satu ini membuktikan bahwa dengan modal komputer Anda sudah bisa masuk ke dalam dunia virtual.

Caranya juga mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi metaNesia. Lalu Anda harus membuat avatar yang sesuai dengan keinginan Anda. Selanjutnya, Anda bisa langsung bergabung ke lobby dan mengelilingi dunia virtual di metaNesia.

Apa Saja Kelebihan Metaverse?

  • Menghubungkan Dunia dan Meniadakan Jarak Fisik

Kelebihan utama dari platform metaverse ialah ia sepenuhnya meniadakan hambatan geografis. Setelah Anda berada dalam platform ini, lokasi fisiku menjadi tidak penting lagi serta Anda juga tidak terikat olehnya.

  • Memperbaharui Media Sosial

Media sosial bisa menjadi merupakan istilah yang paling banyak digunakan dalam beberapa tahun terakhir. Facebook atau Meta dan Twitter mewadahi interaksi sosial melalui internet. Sudah pasti mereka bisa memperbaharui ke dunia virtual 3 dimensi. Tunggu saja mereka rilis pada metaverse Indonesia.

  • Meningkatkan Pendidikan dan Pembelajaran Daring

Ruang kelas luring tidak dibutihkan lagi dalam dunia pendidikan. Karena dengan platform ini, semua orang bisa membagikan informasi serta belajar bersama langsung atau real-time.

  • Peningkatan untuk Bermain Game

Sata ini marak prosen game memahami arus ini, jadi mereka mulai mengaplikasikan game buatan mereka dalam platform ini. Salah satunya ialah Epic, ia berinvestasi sebesar 1 miliar ke dalam platform ini pada awal tahun 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *